Pelatihan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Intermediate Level

Bertempat di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, HIMPSI Jatim bekerjasama dengan IPK Jatim mengadakan pelatihan Cognitive Behavior Therapy (CBT) pada tanggal 21-22 Januari 2o12 dengan pemateri, Josephine Ratna, M. Psych yang saat ini sedang melanjutkan pendidikan Doktoral di Curtin University, Perth, Western Australia.

Josephine Ratna menjelaskan materi pelatihan

Peserta pelatihan CBT Intermediate Level adalah psikolog dan psikiater yang telah mengikuti pelatihan CBT Beginner level. Tujuan pelaksanaan pelatihan adalah untuk membekali para profesional di bidang kesehatan mental dalam membantu klien/pasien yang membutuhkan dukungan untuk memahami pola berpikir yang kurang tepat dan membentuk pola pikir baru dalam memahami permasalahan yang dihadapi. Selama pelatihan berlangsung, peserta terlibat dalam diskusi kasus yang dihadapi di lapangan dan saling memberikan feedback sebagai kolega.

Peserta pelatihan CBT Intermediate Level

CBT adalah teknik terapi yang dikembangkan oleh Aaron Beck sekitar tahun 1960 bagi pasien yang mengalami gangguan depresi. Seiring dengan perkembangan waktu, CBT dapat diaplikasikan pada berbagai gangguan lain, seperti gangguan kecemasan, eating disorder, kasus anak dan keluarga, bahkan pada kasus psikotik seperti skizofrenia. (CE)

Informasi mengenai pelatihan dan aplikasi CBT dapat diperoleh di Beck Institute

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s